Semua jenis obat pastinya memiliki batas kadaluarsa atau expired. Oleh karena itu untuk mengantisipasi agar tidak menjual obat yang sudah dekat dengan tanggal kadaluarsa, kita harus mencatatnya. Saat ini Software Apotek & Klinik memiliki fitur Expdate. Fungsinya adalah untuk sebagai pengingat tanggal expired item. Cara untuk mengatur expdate adalah:

  1. Masuklah pada Software Apotek Klinik yang sudah diaktivasi.
  2. Buka menu Master Data, jika sudah pernah menginput data obat dan resep pilih daftar data obat dan resep, jika belum buat dulu data obat dan resep baru.
  3. Jika sudah ada data obatnya pilih obat yang ingin dibuat expdate lalu Edit.
  4. Setelah muncul tampilan edit data pilih menu Data Umum, pada tampilan Data Umum pilihlah metode EFEO agar bisa memasukkan expdate. Setelah itu Simpan.
  5. Setelah tersimpan pilih menu Persedian –> cari nama item yang sudah diedit tadi, jika sudah ketemu ubah Tanggal Expired sesuai yang diinginkan. Setelah selesai mengubah tanggalnya lalu disimpan.
  6. Untuk melihat rekap Extdate item yang sudah dibuat bisa dilihat dimenu Laporan, Laporan Persedian, Laporan Item expdate.
  7. Pada menu Laporan Item Expdate pilih Periode Umur Barang, lalu pilih salah satu Laporan Item Expdate.

Demikianlah penjelasan tentang pengaturan expired obat pada Software Apotek & Klinik, semoga bermanfaat.

Info lebih lanjut silahkan email ke info@kreatifcd.web.id atau 08567227362 atau 085312192239 atau https://www.kreatifcd.web.id/software-aplikasi-bisnis/software-klinik-kesehatan-puskesmas-dokter/software-apotek-dan-klinik-4.0

 

Daftar Data Obat dan Resep pada Maste Data

Daftar Data Obat dan Resep pada Maste Data

 

Metode EFEO pada Edit Data Item

Metode EFEO pada Edit Data Item

 

Mengubah EXPDATE

Mengubah EXPDATE

 

Pilih Salah Satu Laporan Rekap Expdate

Pilih Salah Satu Laporan Rekap Expdate

 

Preview Lap. item expdate 1

Preview Lap. item expdate 1

 

Preview Lap. item expdate 2

Preview Lap. item expdate 2

 

Advertisements