Dalam sebuah realisasi kredit pada Koperasi ada satu syarat yang harus ada dalam melakukan pinjaman dana yaitu adalah Agunan/Jaminan. Misalnya saja ada seorang nasabah yang ingin melakukan pinjaman kredit dengan menggunakan Motor sebagai Jaminannya. Maka pihak koperasi harus melakukan pendataan pada Jaminan dari nasabah tersebut. Hal yang harus didata pihak koperasi adalah mendata mulai dari nomor BPKB yang akan menjadi jaminan, nomor plat, merk kendaraan, tipe kendaraan,

  1. Pertama buat data nasabah baru di menu Tambah Nasabah yang ada di menu Master dengan mengisi semua data yang diminta seperti data lengkap nasabah (nama, alamat, no. KTP, dll).
  2. Setelah selesai dengan Daftar Nasabah, masuk ke menu Kredit lalu ke Tambah Kredit. Sama seperti no. 1 anda diminta untuk mengisi Data Diri Nasabah, Data Keluarga atau Penjamin, dan Data Agunan dan Jaminan. Data Agunan baru akan bisa di isi saat anda sudah mengisi dan menyimpan Data Nasabah dan Data Keluarga atau Penjamin. Jika tidak di lakukan maka Data Agunan dan jaminan tidak bisa di tambahkan.
  3. Untuk mengisi data Agunan dan Jaminan anda diharuskan untuk menyimpan Data Diri Nasabah dan Data Keluarga atau Penjamin. Selanjutnya silahkan pindah ke menu Data Agunan/Jaminan. Klik Tambah yang nantinya akan keluar form pengisian datanya. Pilih jenis jaminan yang diinginkan misalnya jaminan untuk kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun motor. Yang diperlukan untuk jaminan motor adalah BPKB kendaraan, foto nomor mesin, foto nomor rangka, dll dalam form jaminan disediakan 2 kolom untuk menyimpan foto dari nomor mesin dan nomor rangka. Jika sudah diisi semua anda bisa langsung mengklik tombol simpan.
  4. Setelah itu anda bisa langsung ketahap realisasi kredit. Caranya pilih Kredit lalu Realisasi Kredit, disitu akan muncul formulir realisasi kredit. Anda tidak perlu mengisi ulang data tersebut, pada kolom nomor kredit terdapat tombol search, disitu anda bisa mencari nama nasabah yang sudah didaftarkan tadi. Setelah dipilih akan muncul semua data nasabah yang baru saja dibuat. Isilah jumlah yang akan direalisasikan lalu isi juga biaya administrasi, biaya provisi, dan biaya lain-lain (misal: biaya materai atau biaya buku tabungan). Jumlah uang yang akan direalisasi akan dikurangkan secara otomatis sesuai dengan biaya-biaya yang disebutkan diatas.
  5. Setelah selesai anda bisa langsung mencetak bukti realisasi dan surat perjanjian.

 

 

Jika ada yang kurang dimengerti bisa langsung tanyakan di :

08567227362
wa cs : 085312192239
wa : 0878 8306 4727 . bbm : D1802BB2
email : info@kreatifcd.web.id
http://www.kreatifcd.web.id

Advertisements